AKADEMIK

> Pengajaran

Program Pendidikan Akademik di fakultas Psikologi UNDAR menggunakan sistem semester yang berlangsung selama 7 semester teori dan 1 semester skripsi. Proses belajar diselenggarakan dalam kelas konvensional, diskusi, studi kasus-kasus aktual dan diperdalam dengan prakter pada mata kuliah tertentu. Pendidikan profesi menggunakan sistem triwulan sebanyak 5 triwulan sehingga masa studi keseluruahan 15 bulan. Proses belajarnya meliputi Matrikulasi, Pembekalan Praktek Kerja di RS Jiwa, Perusahaan, Rehabilitasi Sosial - Sekolah, Penyusunan laporan yang ditangani pada masing-masing bagian.


> Pendidikan S1 Psikologi

Program Pendidikan S1 di Fakultas Psikologi terdiri dari :

1) Pendidikan Akademik Sarjana Psikologi
     SKS yang harus ditempuh sebanyak 144 SKS, dan setelah lulus mahasiswa mendapat Gelar -
     Akademik Sarjana Psikologi (S.Psi).

2). Pendidikan Profesi Psikologi
     SKS yang harus ditempuh sebanyak 24 SKS, setelah selesai mahasiswa mendapat sebutan sebagai Psikolog.



> Bobot SKS Yang ditempuh

- Mahasiswa Baru   : 142 SKS (60 Mata Kuliah) + 6 SKS Skripsi
- Transfer dari D2    :   72 SKS (60 Mata Kuliah) + 6 SKS Skripsi
- Transfer dari D3    :   68 SKS (60 Mata Kuliah) + 6 SKS Skripsi
- Transfer dari S1    :   56 SKS (60 Mata Kuliah) + 6 SKS Skripsi
- Transfer dari S2    :   52 SKS (60 Mata Kuliah) + 6 SKS Skripsi



> Daftar Dosen Tetap Prodi Psikologi



No.
Nama Dosen Tetap

NIDN**
Tgl. Lahir
Jabatan Akademik
Gelar Akademik
Pendidikan S1, S2, S3  dan Asal Universitas
Bidang Keahlian untuk Setiap Jenjang Pendidikan
(1)
(2)
(3)
(4)
(5)
(6)
(7)
(8)
 1.
Suharnan
00-0408-5603
Gresik
 4-8-1956
Guru Besar
Prof.,Dr.MS
-S1 UNDAR
-S2 UGM
-S3 UGM
FKIP
Psikologi
Psikologi
 2.
Muhammad Farid
00-1004-6001
Jombang 10-4-196
Lektor kepala
Dr.MSi.
-S1 UNDAR
-S2 UGM
- S3 UGM
FKIP
Psikologi
Psikologi
 3.
Herrien Tri Wahyuni
07-0806-5802
Pasuruan
8-6-1958
Lektor
Dra.MSi.
-S1 UGM
-S2 UGM
Psikologi
Psikologi
 4.
Denok Wigati
07-0204-6301
Jombang,
12-4-1963
Lektor
Dra.MSi
-S1 UNDAR
-S2 UNTAG
Psikologi
Psikologi
 5.
Luluk Masluchah
07-2312-6401
Mojokerto,
23-12-1964
Lektor
Dra, M.Si
-S1 UNDAR
-S2 UGM
Psikologi
Psikologi
 6.
Festa Yumpi Rahmanawati
07-0209-6401
Jember,
2-12-1964
Lektor

Dra, M.Si
-S1 UGM
-S2 UGM
Psikologi
Psikologi
 7.
Agustiyah Tohariyati
07-1108-7001
Jombang,
11-8-1970
Lektor
Dra
S1 UNDAR
Psikologi

 8.
Liliy Widawati
07-2509-5302
Surabaya,
25-9-1953
Lektor
Dra, M.Si
-S1 UNDAR
-S2 UNTAG
Psikologi
Psikologi
 9.
Ma’murotus Sa’diyah
07-0805-7103
Jombang,
8-5-1971
Lektor
dr. MKes
FK.UNIBRAW
Magister FKM UNAIR
Umum
Administrasi Kebijakan Kes
10.
Silvia Aryani
07-2509-5401
Yogyakarta,
25-09-1954
 Lektor
Dra
S1 UGM

Filsafat
11.
Erfandi
07-1908-5401
Situbondo,
7-2-1968
Asisten
Ahli
Drs
S1 UNDAR
FISIP
12.
Lutfi Husni
07-0110-5301
Jember,
1-10-1953
Lektor
Kepala
SH., M.Hum
-S1 UNDAR
-S2 UNIBRAW
Hukum
Hukum
13.
Lilik Dwi Hariyanto
07-2407-7202
Mojokerto,
Asisten Ahli
S Psi

- S1 UNDAR
- S2 UNTAG
Psikologi
Psikologi
14.
Abdul Haris Hudaya

Jombang,
07-03-1970
Asisten
Ahli
S Psi,M Si
S1 UNDAR
S2 UGM
Psikologi
15.
Andayani Muktiasari
211
701144
Ambarawa
12-11-1982
Asisten
Ahli
S Psi,M Psi
S1 UNDAR
S2 UGM
Psikologi
16.
Erma Nursanti
211701
143
Surabaya
01-06-1970
Asisten
Ahli
Ir,SPsiMPsi
ITS Surabaya
S1UNDAR
S2 UNTAG
Perkapalan
Psikologi
Psikologi
17.
Ali Mahsun

Mojokerto 10-03-1969

S Ked, dr
M Biomed

FK UNIBRAW
FK UNIBRAW
FK UI
Umum

Magister Biomedik




> Mata Kuliah Inti

NASIONAL:
  1. Psikologi Kognisi
  2. Psikologi Perkembangan I
  3. Psikologi Perkembangan II
  4. Psikologi Sosial I
  5. Psikologi Sosial II
  6. Psikologi Kepribadian I
  7. Psikologi Kepribadian II
  8. Psikologi Industri dan Organisasi
  9. Psikodiagnostika I (Pengantar)
  10. Psikodiagnostika II (Tes Intelejensi)
  11. Psikodiagnostika III (Tes Bakat)
  12. Psikodiagnostika IV (Tes Grafis)
  13. Psikodiagnostika V (Tes Inventory)
  14. Psikodiagnostika VI (Tes Rő)
  15. Konstruksi Tes
  16. Psikologi Klinis
  17. Psikologi Konseling
  18. Psikologi Faal I
  19. Psikologi Faal II
  20. Psikologi Eksperimen
  21. Psikologi Abnormal
  22. Penyusunan Skala Psikologi
  23. Kode Etik Psikologi
LOKAL / Pilihan Fakultas Psikologi Undar

  1. Teknik Penyusunan Skripsi
  2. Psikologi Manula
  3. Psikoterapi
  4. Psikologi Dalam
  5. Psikologi Konsumen
  6. Tes Wartegg
  7. Psikologi Personalia
  8. Psikologi Lingkungan
  9. Psikiatri
  10. Sejarah dan Aliran Psikologi
  11. Seminar Bagian
  12. KKM



> Mata Kuliah Unggulan

Psikologi Kontemporer
Psikologi Anak Khusus (Statistik Lanjut)
Bimbingan & Konseling Sekolah
Psikologi Islami
Farmakologi
Psikologi Kesehatan
Psikologi Komunitas
Psikologi Lintas Budaya
Pelatihan SDM


> Mata Kuliah Pilihan


SemesterKode MKNama MK PilihanBobot SKSBobot TugasUnit/ Jur/ Fak Pengelola
(1)(2)(3)(4)(5)(6)


MK Pilihan


1.
Aplikasi Komputer2

2.
Modifikasi Perilaku3

3.
Ergonomi2

4.
Psi. Komunitas2

5.
Pelatihan Pengembangan SDM2

6.
Psi. Kesehatan2

7.
Psi. Lintas Budaya2

8.
Psi. Islami2

9.
Farmakologi2

10.
Metode Penelitian Kualitatif2



MK Pilihan Wajib Prodi


1.
Psikologi Manula3

2.
Psikoterapi2

3.
Psikologi Dalam2

4.
Psi. Konsumen2

5.
Tes Warteg2

6.
Psi. Personalia2

7.
Psi. Lingkungan2

8.
Psikiatri2

9.
Sejarah Aliran Psikologi3








> Struktur Kurikulum



Smt
Kode MK
Nama Mata Kuliah*
Bobot sks
sks MK dalam Kurikulum
Bobot Tugas***
Kelengkapan****
Unit/ Jur/ Fak Penyelenggara
Inti**
Insti-tusional
Deskripsi
Silabus
SAP
(1)
(2)
(3)
(4)
(5)
(6)
(7)
(8)
(9)
(10)
(11)
I
B006
Psikologi Umum I
3

Prodi
B005
Statistik Psikologi I
3

Prodi
D080
Sejarah dan Aliran Psi
3

Prodi
C032
Psikodiagnostik I.
3

Prodi
C044
Psi. Faal I
2

Prodi
B034
Psikodiagnostik lll
2

Prodi
A002
Agama Islam I
2

Prodi
A013
Filsafat Trisula
2

Prodi
A001
Pendidikan Pancasila
3


Prodi
A081
Pend.Kewarganegaraan
2




Prodi
II
B016
Statistik Psikologi II
3

Prodi
B008
Psi. Umum II
3

Prodi
B055
Psi.Faal ll
2

Prodi
B034
Psikodiagnostik II
3

Prodi
A003
Agama Islam Il
2

Prodi
B004
Sosiologi
2


Prodi
A014
Bahasa Inggris
2

Prodi
C024
Psi.Perkembangan I
2

Prodi
C027
Psi.Sosial l
3

Prodi
C029
Psi.Kepribadian I
3

Prodi
III
B007
Metodologi Penelitian I
3

Prodi
C025
Psi.Perkembangan Il
3

Prodi
C030
Psi.Sosial ll
3

Prodi
C028
Psi,Konseling
2

Prodi
C042
PIO
3

Prodi
C031
Psi.Kepribadian Il
3

Prodi
C040
Psi.Pendidikan
2

Prodi
D079
Psi.Anak Khusus**
2

Prodi
C009
Psi.Kognitif
2



Prodi
C078
Penyusunan Skala Psi
2



Prodi
IV
B017
Metodologi Penelitian ll
3

Prodi
B018
Filsafat (filog + filman)
2


Prodi
B021
Antropologi
2


Prodi
C035
Psikodiagnostik IV
2

Prodi
C036
Psikodiagnostik V
2

Prodi
C046
Psi.Eksperimen
3

Prodi
C052
Psi.Abnormal
2

Prodi
D056
Psi.Personalia
2

Prodi
D026
Psi. Manula
2

Prodi
D057
Tes Wartegg
2



Prodi
V
C037
Psikodiagnostik VI
2

Prodi
C038
Psikodiagnostik VII
2

Prodi
C041
Konstruksi Tes
3

Prodi
C043
Psi.Klinis
2

Prodi
D048
Psikoterapi
2

Prodi
D036
Modifikasi Perilaku
3

Prodi
D063
Psikiatri
2

Prodi
D055
Psi.Konsumen
2

Prodi
D062
Psi.Lingkungan
2

Prodi



VI



C065
Kode Etik Psikologi
2

Prodi
D010
Aplikasi Komputer
2

Prodi
D047
Ergonomi
2

Prodi
D049
Psi.Dalam
2

Prodi
D051
Psi.Belajar
3

Prodi
D086
Psi.Lintas Budaya
2

Prodi
D013
Bimbingan Konseling
2

Prodi
D014
Pelatihan  dan pengembangan SDM
2


Prodi
D078
Psi.Kontemporer
2

Prodi
VII
D022
Tek Penyusun Skripsi
2

Prodi
D064
Seminar Bagian
2

Prodi
D076
KKM
4

Prodi
D083
Psi.Kesehatan
2

Prodi
D084
Psi.Islami
2

Prodi
D085
Farmakologi
2

Prodi
D087
Penelitian Kualitatif
2

Prodi

D012
Psikologi Komunitas
2

Prodi
VIII
C066
Skripsi
6

Prodi
Dst










Total sks
147




















































































> Struktur Organisasi


Gambar : Struktur organisasi, koordinasi dan cara kerja Fakultas Psikologi 

Tugas dan fungsi :

1.    Dekan

Tugas-tugas :
a.    Mengembangkan Fakultas
b.    Memimpin dan mengkoordinasi perencanaan, pelaksanaan dan pengawasan serta pelaporan dari sebagian tugas pokok dan fungsi serta program universitas yang dibebankan pada Fakultas
c.    Memimpin dan mengkoordinasikan perencanaan, pelaksanaan dan pengawasan serta pelaporan pelaksanaan dan pengembangan :
pendidikan dan pengajaran
penelitian, khususnya untuk mengembangkan ilmu pengetahuan
pengabdian masyarakat
d.    Menyampaikan pertanggungjawaban tahunan kepada Rektor mengenai segala kegiatan civitas akademika fakultas.
e.    Memberikan laporan tahunan kepada rapat senat Fakultas dimana Rektor harus diundang.

Fungsi :
Di bawah naungan Rektor mengembangkan, menyelenggarakan dan mengevaluasi program-program civitas akademika di lingkungan Fakultas. Bertindak sebagai penasehat bagi pelaksanaan civitas akademika Fakultas dan tenaga administrasi di lingkungan Fakultas.

2.Pembantu Dekan I

Tugas-tugas :

a.    Mewakili Dekan dalam memimpin perencanaan, pengawasan dan pelaporan pelaksanaan dan pengembangan pendidikan, pengajaran, penelitian dan pengabdian masyarakat yang dibebankan oleh universitas kepada Fakultas.
b.    Meninjau dan mengkoordinasi perencanaan, pelaksanaan dan pengawasan serta laporan pembinaan dan pengembangan tenaga pengajar, tenaga penelitian dan tenaga pengabdian kepada masyarakat.
c.    Menilik serta mengkoordinasikan perencanaan, pelaksanaan dan pengawasan serta pelaporan, persiapan program pendidikan dan pengajaran baru untuk berbagai tingkat maupun bidang studi.
d.    Menilik serta mengkoordinasi perencanaan, pelaksanaan dan pengawasan serta pelaporan bagi usaha pengembangan daya penalaran mahasiswa (seminar dan penelitian institusional).
e.    Menilik serta mengkoordinasi pengolahan data yang menyangkut bidang pendidikan dan pengajaran, penelitian dan pengabdian masyarakat.
f.     Mengadakan evaluasi bidang akademik, serta mengkoordinir rencana kerja tahunan.

Fungsi :

Di bawah naungan Dekan mewakili Dekan dalam memimpin pelaksanaan kegiatan di bidang pendidikan dan pengajaran, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat.

3.Pembantu Dekan II

Tugas-tugas :
  1. Menilik dan bertindak sebagai koordinator dalam pengawasan dan pemeliharaan
            kegiatan perencanaan dan pelaporan di bidang keuangan, kepegawaian,    
            perlengkapan, kerumahtanggaan, ketatausahaan, pengolahan data, administrasi
           umum, akademik, kemahasiswaan serta alumni.
  1. Merencanakan, mengelola dan mengawasi serta melaporkan pengelolaan keuangan Fakultas.
  2. Merencanakan, melaksanakan dan mengawasi serta melaporkan pembinaan kepegawaian, baik tenaga akademik maupun administratif.
  3. Merencanakan, melaksanakan dan mengawasi serta melaporkan pengelolaan dan pengembangan kerumahtanggaan yang meliputi pemeliharaan ketertiban dan pemeliharaan kebersihan, keindahan ruang kantor dan ruang kelas.
  4. Merencanakan, melaksanakan dan mengawasi serta melaporkan pengelolaan perlengkapan, baik prasarana maupun sarana pemeliharaan, perbaikan dan pendistribusian.
  5. Merencanakan, melaksanakan dan mengawasi serta melaporkan pengelolaan kegiatan pelayanan administrasi / ketatausahaan meliputi pengaturan (sistem surat menyurat), pengaturan sistem pengusulan, pengangkatan, penempatan dan pemberhentian tenaga akademis dan administrasi.
  6. Merencanakan, melaksanakan dan mengawasi serta melaporkan pengelolaan dan pelayanan administrasi akademis dan non akademis kemahasiswaan dan alumni.
  7. Merencanakan, melaksanakan dan mengawasi serta melaporkan pengelolaan dan pengelolaan data yang menyangkut bidang administrasi umum dan akademis sehingga terwujudnya sistem informasi manajemen dan pengaturan file yang baik.
  8. Merencanakan, melaksanakan dan mengawasi serta melaporkan pelaksanaan dan pengembangan hubungan masyarakat.
  9. Membuat notulen rapat



 Fungsi :

Di bawah naungan Dekan, mewakili Dekan dalam memimpin perencanaan, pelaksanaan dan pengawasan serta pelaporan pelaksanaan dan pengembangan kegiatan di bidang administrasi umum yang dibebankan oleh universitas dan atau di lingkungan Fakultas.

4.Pembantu Dekan III

Tugas-tugas :
  1. Menilik dan mengkoordinasikan seluruh staf pengajar dalam perencanaan dan pengawasan serta pelaporan pembinaan mahasiswa ke arah pengembangan sikap serta orientasi serta kegiatan kemahasiswaan di bidang seni budaya dan olahraga, minat dan penalaran serta pembinaan sikap akademis mahasiswa.
  2. Menilik dan mengkoordinasikan perencanaan, pelaksanaan dan pembinaan usaha kesejahteraan dan bimbingan serta penyuluhan bagi mahasiswa.
  3. Menilik dan mengkoordinasikan perencanaan, pelaksanaan dan pengawasan serta pelaporan pengembangan daya penalaran, seminar dan penelitian yang sudah diprogramkan oleh Pembantu Dekan I.
  4. Menilik dan mengkoordinasikan perencanaan, pelaksanaan dan pengawasan serta pelaporan di bidang kerjasama dengan lembaga dan Fakultas lain di lingkungan Universitas maupun di luar Universitas dalam setiap usaha / kegiatan di bidang kemahasiswaan.
  5. Menilik dan mengkoordinasikan perencanaan, pelaksanaan dan pengawasan hubungan dan kegiatan serta partisipasi dan kerjasama dengan alumni Fakultasnya.
  6. Menilik dan mengkoordinasikan penciptaan iklim pendidikan yang baik dalam kampus dan membantu pelaksanaan program pembinaan, pemeliharaan kesatuan dan persatuan bangsa serta negara berdasarkan Pancasila dan UUD 1945.
  7. Menilik dan mengkoordinasikan perencanaan, pelaksanaan dan pengawasan serta pelaporan pembinaan pengawasan, pembinaan dan kegiatan di bidang pengabdian masyarakat dalam rangka turut membantu memecahkan masalah-masalah yang dihadapi bangsa, masyarakat, pembangunan dan negara.
  8. Menilik dan mengkoordinasikan perencanaan, pelaksanaan dan pengawasan serta pelaporan pengolahan data yang menyangkut bidang pendidikan yang bersifat ko-kurikuler.
  9. Mengembangkan, mengkoordinasikan dan melaporkan hasil pendataan alumni Fakultas dan kegiatan pertemuan alumni.
  10. Mengkoordinasikan dan melaporkan kegiatan seleksi perkuliahan dan pembekalan pada mahasiswa yang berpotensi di Fakultas.

Fungsi :
Di bawah naungan Dekan, mewakili Dekan dalam memimpin perencanaan, pelaksanaan dan pengawasan serta pelaporan pelaksanaan dan pengembangan kegiatan di bidang pendidikan yang bersifat ko-kurikuler yang dibebankan oleh Universitas dan atau di lingkungan Fakultas.

5.Kepala Bagian

Tugas-tugas :
  1. Merencanakan program kerja di bidang pengelolaan, pendidikan dan pengajaran, penelitian, pengabdian masyarakat dan pembinaan dosen.
  2. Memonitor pelaksanaan program kerja secara kontinu untuk menjamin kelancarannya.
  3. Mengevaluasi program kerja untuk tindak lanjut.
  4. Melakukan koordinasi dengan unit lain untuk memperoleh hasil kerja optimal.
  5. Bertanggung jawab kepada Dekan Fakultas.


Fungsi :
Sebagai koordinator yang menjamin kelancaran pelaksanaan aktivitas pendidikan dan pengajaran, penelitian, pengabdian dan pembinaan civitas akademika.

6.Kepala Biro Urusan Skripsi

Tugas-tugas :
a. mendaftar mahasiswa bimbingan skripsi yang telah lulus semua teori
b. membagi dosen pembimbing skripsi berdasarkan  kompetensi/ interest  bagian 
    psikologi: klinis, industri, perkembangan, pendidikan, sosial) disesuaikan dengan 
    judul minat skripsi mahasiswa.
c. mengarsip outline judul dan proposal skripsi seluruh mahasiswa bimbingan skripsi
d. menjadwal seminar proposal skripsi
e. tempat konsultasi berkenaan dengan masalah proses bimbingan untuk mendeteksi
    kelancaran ataukah gangguan proses bimbingan sehingga segera dikonsolidasikan
    denganPD I untuk mengatasi permasalahan, misalnya bila ada hambatan psikologis
    antara pembimbing dan mahasiswa yang dibimbing.
f. menerbitkan surat ijin penelitian
g. menjadwal ujian skrip bagi mahasiswa yang telah selesai dalam penyusunan skripsi.

Fungsi :
      Sebagai koordinator yang menjamin kelanccaran proses bimbingan skripsi sehingga
      lancar tepat waktu, dan meringankan tugas PD I (Bidang akademik).


7.Kepala Biro Statistik

Tugas-tugas :
       a. Membantu mahasiswa menentukan model análisis statistik yang tepat sesuai   
           dengan  identifikasi variabel, hipótesis dan tujuan penelitian.
       b. Melaksanakan penghitungan statistik untuk kepentingan uji validitas dan reliabilitas  
           alat  ukur penelitian.
       c. Melaksanakan penghitungan statistik untuk kepentingan uji hipótesis.
       d. Membantu mahasiswa menginterpretasi hasil análisis statistik

        Fungsi :
        Membantu biro statistik dan mahasiswa dalam kelancaran proses pelaksanaan
        bimbingan skripsi.

8.Kepala Tata Usaha

Tugas-tugas :
      a. Melakukan urusan registrasi dan pelayanan mahasiswa.
      b. Melakukan administrasi proses kegiatan dan fasilitas program.
      c. Melakukan urusan korespondensi, rumah tangga, kepegawaian dan keuangan.

Fungsi :
Mengembangkan dan menjamin kelancaran pelaksanaan kegiatan administratif untuk
mendukung kemajuan lembaga.
9.Kepala Keuangan

Tugas-tugas :
      a.Melayani proses pembayaran SPP, Praktikum, bimbingan skripsi , KKM,  
         Pendadaran Trisula dan wisuda mahasisw
      b. Mempersiapkan dan mendistribusikan HR mengajar, membimbing

      b.   mengajukan anggaran dan melaporkan keuangan operasional fakultas per bulan kepada   PD II
      c.  mempersiapkan dan mendistribusikan vakasi  koreksi UAS kepada masingmasing 
            dosen pengampu mata kuliah.

Fungsi :
  1. Merencanakan, menyiapkan, mendistribusikan dan membuat laporan keuangan untuk memenuhi sarana dan prasarana proses belajar, HR mengajar, HR bimbingan skripsi, bimbingan praktikum dan vakasi koreksi UAS kepada PD II.
  2. Sebagai pelaksana harian dalam urusan keuangan yang dalam hal ini bertugas membantu PD II.

10. Kepala Unit Pelayanan konsultasi Psikologi dan Pengabdian Masyarakat
Tugas-tugas :
  1. Mengajukan usul dan saran pengembangan alat ukur psikologis model pelatihan serta metode bimbingan dan konseling.
  2. Membina hubungan dengan Asosiasi Profesi Psikologi, Ikatan Profesi Kedokteran Jiwa maupun Ikatan Profesi Bimbingan dan Konseling.
  3. Merencanakan dan mengadakan penelitian dalam rangka meningkatkan mutu pelayanan dan konsultasi psikologi.

Fungsi :
            Merencanakan, melaksanakan, mengawasi dan melaporkan kegiatan pelayanan dan
konsultasi, terutama bagi mahasiswa di lingkungan civitas akademika Universitas
beserta keluarga besarnya. Selain itu juga berfungsi merencanakan, melaksanakan,
mengawasi dan melaporkan kegiatan seleksi, promosi dan pelatihan bagi masyarakat
umum, organisasi atau perusahaan dan pemerintahan.


11. Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM)
Tugas :
  1. Merencanakan dan mengadakan raker untuk menentukan rencana kerja selama 1 tahun
  2. Menyerap aspirasi teman2 mahasiswa yang sifatnya temporer untuk dikonsolidasikan dengan PD III
  3. Melaksanakan kegiatan sesuai dengan agenda rencana kerja dalam kurun waktu 1 tahun
  4. Mengusulkan susunan panitia tiap kegiatan kepada PD III
  5. Bertanggung jawab terhadap laporan kegiatan mahasiswa kepada PD III

Fungsi :
      a. Merencanakan, melaksanakan, mengawasi kegiatan mahasiswa sesuai dengan time  
           shedule rencana kerja selama 1 tahun.
      b. Memotivasi dan bertanggung jawab memelihara kesinambungan kegiatan mahasiswa
          untuk masa berikutnya (re generasi misalnya melaksanakan kegiatan latihan
          kepemimpinan, pemilihan pengurus BEM untuk periode berkutnya)

12. Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM)
Tugas-tugas :
  1. Menampung aspirasi mahasiswa sesuai dengan  bakat dan minatnya. .
  2. Merencanakan dan mengadakan raker untuk menentukan rencana kerja selama 1 tahun dalam hal minat bakat masing2 mahasiswa.
  3. Menyerap aspirasi teman2 mahasiswa yang sifatnya temporer dalam hal minat bakat mahasiswa untuk dikonsolidasikan dengan PD III
  4. Melaksanakan kegiatan sesuai dengan agenda rencana kerja dalam hal minat bakat selama  kurun waktu 1 tahun
  5. Mengusulkan susunan panitia tiap kegiatan kepada PD III
  6. Bertanggung jawab terhadap laporan kegiatan mahasiswa kepada PD III

Fungsi :
  1. Merencanakan, melaksanakan, mengawasi kegiatan mahasiswa sesuai dengan time shedule rencana kerja selama 1 tahun.
  2. Memotivasi dan bertanggung jawab memelihara kesinambungan kegiatan mahasiswa untuk masa berikutnya (re generasi misalnya melaksanakan kegiatan latihan kepemimpinan, pemilihan pengurus BEM untuk periode berkutnya)